Minggu, 16 November 2008

Captain Tsubasa


Tahu kan serial kartun Jepang, Captain Tsubasa? Kisah tentang perjalanan seorang pemuda yang menapaki mimpinya menjadi pemain sepakbola handal ini memang salah satu kartun favoritku.
Tahukah kalau ternyata dampak dari kartun ini begitu besar buat anak-anak yang menontonnya. Menurut keterangan yang gua baca dari wikipedia, beberapa pengaruh itu antara lain:

  • Inspirasi pemain top seperti Hidetoshi Nakata, Seigo Narazaki, Zinedine Zidane, Francesco Totti, Fernando Torres, Matias Fernandez, Alexis Sanchez dan Alessandro Del Piero untuk berkarir di dunia sepakbola setelah menonton Captain Tsubasa.
  • Serial ini dicintai di Mexico dan Amerika Latin yang memang punya reputasi pecinta sepakbola.
  • Film Shaolin Soccer terinspirasi oleh Captain Tsubasa.
  • Ngetop juga di Italia dan Spanyol.
  • Karena populernya, Federasi Sepakbola Jepang (JFA) mendukung serial lanjutan Captain Tsubasa
  • Ini tambahan dari aku nih, FC Barcelona menjadikan Tsubasa Ozora sebagai duta klub untuk Jepang karena dalam ceritanya, Tsubasa Ozora bermain di klub catalan itu.
Nah, itu dia pengaruh tayangan ini dalam memotivasi anak-anak untuk berbuat yang terbaik untuk masa depan. Padahal ceritanya standar anak-anak. Tapi mereka bisa belajar untuk berjuang, terus berusaha, giat berlatih, pantang menyerah dan juga sportivitas. Contohnya, Tsubasa dan Hyuga adalah rival abadi, namun ketika mereka bermain untuk tim nasional, keduanya bahu-membahu meraih kemenangan.

Semoga aja kita bisa menemukan sosok Tsubasa Ozora dalam tubuh tim nasional kita.

Tidak ada komentar: